Pernah tergoda beli sesuatu, terutama makanan, yang harganya didiskon besar-besaran karena sudah mendekati atau bahkan lewat dari masa kedaluwarsanya? Di Inggris sini, saya pernah beberapa kali, dan biasanya aman-aman aja. Tapi beberapa hari ini, saya kena batunya hahaha.

Dua hari yang lalu (dan ini juga yang membuat saya bolos ngeblog dua hari kemarin), semalaman saya diare parah. Tersangkanya disinyalir sungguh sangat tidak elit: telor asin kedaluwarsa. Kok bisa?

Pertama-tama, jangan bayangkan di sini telor asin harganya murah dan stoknya turah-turah kayak Indonesia. Di sini, sekotak telor asin isi 6 biji biasanya dibanderol sekitar 4-5 pon alias 80-100 ribu rupiah. Mahal gelaak dan kalo nggak kepengen-kepengen banget sih, mending ntar-ntar aja deh hahaha. Jadi ketika lihat sekotak telor asin diobral besar-besaran di toko dekat rumah, mana bisa saya nggak tergoda untuk beli kan? Meski, yaah, saya juga sebenarnya bisa lihat jelas kalau masa kedaluwarsa yang tercantum di kotaknya sudah terlewati hampir sebulan silam. Tapi saat itu saya masih pede-pede aja, toh selama ini pernah juga beberapa kali beli keripik yang kadaluwarsanya udah lewat dan perut masih baik-baik aja :3

Ternyata oh ternyata, tak berapa lama berselang setelah melahap dua biji telor asin, sistem pencernaan saya langsung bereaksi. Telor asin kedaluwarsa tampaknya mengandung lebih banyak bakteri jahat dibanding keripik kedaluwarsa hahaha.

Setelah lelah dengan diare yang nggak berhenti-berhenti ini, saya pun coba menelpon layanan kesehatan 24 jam-nya Inggris. Pesan petugas yang menanggapi telepon saya cuma satu: minum yang banyak, jangan sampai dehidrasi. Lha piye je tapi nek tiap habis minum seteguk lima menit kemudian langsung diare lagi. Alhamdulillahnya saya masih punya Norit bawaan dari Indonesia dan masih bisa bikin larutan gula-garam, jadi tindakan pertolongan pertama pada keracunan bisa segera dilakukan :3.

Akhirul kalam, pesan moral hari ini: sepandai-pandai tupai melompat akhirnya akan jatuh juga, sepandai-pandai perut menerima makanan kedaluwarsa akhirnya akan diare juga.

Kuapoookk!

#30HariNgeblog #Hari_ke_13

 

 

Advertisements