“Jangan lupa Senin besok Bank Holiday loh, jangan sampe dateng ke kantor ya! :p”

Itu wanti-wanti dari orang-orang kantor saat saya pamit pulang Jumat lalu. Loh, mereka bisa bahasa Indonesia? Oh ya jelas enggak, mereka ngomong bahasa Inggris sih, tapi saya terjemahkan secara bebas aja biar gampang wkwkwk.

Jadi, hari Senin ini adalah salah satu dari delapan Bank Holiday alias libur tanggal merah yang berlaku di Inggris. Disebut Bank Holiday karena pada hari-hari ini, bank libur sehingga transaksi bisnis yang melibatkan perbankan tidak bisa dilakukan. Sebenarnya sih, yang disebut dalam peraturan pemerintah England dan Wales (Scotland dan Northern Ireland agak sedikit berbeda) tentang Bank Holiday cuma enam hari, yaitu New Year’s Day (1 Januari), Easter Bank Holiday (hari Senin setelah Paskah), May Bank Holiday (Senin pertama dan terakhir di bulan Mei), Summer Bank Holiday (Senin terakhir di bulan Agustus), dan Boxing Day (26 Desember). Tapi pada kemudian hari, di masyarakat istilah Bank Holiday ini juga sering digunakan termasuk untuk menyebut dua libur hari raya, yaitu Natal dan Paskah.

Saya sebenarnya sempat penasaran soal penetapan Bank Holiday ini. Kalau di Indonesia, penetapan tanggal merah itu kan pasti selalu ada alasannya, entah alasan historis seperti tujuh belasan atau keagamaan seperti maulid nabi. Tapi di sini, selain tahun baru dan tanggal merah yang memang berkaitan dengan keagamaan seperti Paskah dan Natal, tampaknya tidak ada alasan khusus kenapa hari tersebut yang ditetapkan sebagai tanggal merah. Misalnya hari ini, alias Senin terakhir di bulan Mei. Kenapa Senin terakhir di bulan Mei jadi tanggal merah? Ada peristiwa apa di baliknya?

Orang-orang kantor saya yang bule-bule Inggris asli juga tampaknya tak punya jawaban yakin tentang hal ini. Salah seorang menjawab, mungkin karena seminggu ke depan setelah hari Senin ini adalah libur tengah semester sekolahan. Seorang lain menebak, mungkin untuk menandai musim semi. Tapi tebakan ini sebenarnya absurd juga, karena hitungan musim semi sudah dimulai sejak lebih dari sebulan sebelumnya.

Orang-orang kantor kemudian balik bertanya, kalau di negaramu tanggal merah hari apa saja? Saya bilang, wah kalo di Indonesia sih tanggal merah ada buanyaaakk, sebagian besar berkaitan dengan perayaan keagamaan. Soalnya di negara saya ada lima (enam termasuk Konghuchu?) agama yang diakui negara, dan semua punya hari rayanya masing-masing yang dijadikan tanggal merah hahaha. Salah seorang teman kantor kemudian menimpali, “Oh ya mungkin karena itu juga, di sini hari raya yang berkaitan dengan keagamaan cuma ada dua, Paskah dan Natal, sih, jadi mungkin pemerintah menetapkan hari libur yang lain biar kita bisa ada jeda di tengah-tengah minggu kerja juga hahaha…”

Bisa bisa :3

P.s.: Foto di Northumberlandia, tanggal-tanggal segini juga tahun lalu. Late May Bank Holiday tahun ini saya di rumah aja nggak ke mana-mana, mager :3

#Hari_ke_2 #30HariNgeblog

Advertisements